Report; Ngaji Entrepreneur Bersama Menteri BUMN Dahlan ISkan

Minggu, Oktober 20th 2013. | Berita

Ngaji entrepreneur bersama menteri BUMN Dahlan Iskan akhirnya terlaksana dengan sukses. Acara ini diawali dengan penampilan group hadroh Pon.Pes Ar-Risalah sebagai penyambut para tamu, kemudian diteruskan dengan sambutan dari ahlulbait dan dari pengurus Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) DIY. Telah hadir dalam acara ini para dirut BUMN se-DIY dan beberapa perwakilan selain itu hadir juga Duta Besar Indonesia untuk negara Maroko dan juga pengusaha emas Toko Emas Kranggan. Pertama dari dirut Telkom mengisi tentang penguatan akses IT untuk para pengusaha dan calon pengusah yang ada di Yogyakarta kemudian dari Bank Syari’ah Mandiri (BSM) juga mengisi acara tentang permodalan para pengusaha Yogyakarta selain itu berturu-turut dari Jasindo, PLN dan beberpa perwakilan BUMN memberi masukan dan menerima saran untuk para pengusaha dan calon pengusaha yang memiliki basis satri se-DIY.

Setelah itu hadir juga menteri BUMN Dahlan ISkan untuk mengisi acara, dalam ceramahnya Dahlan Iskan memaparkan bagaimana teladan ummat islam yakni Nabi Muhammad SAW adalah seorang pengusaha berkelas internasional dan selayaknya umatnya juga mencotoh beliau sisi itu tidak hanya pada aspek ubudiyah belaka. selain itu beliau juga memaparkan tentang syarat syah menjadi pengusaha adalah harus pernah jatuh karena tak ada pengusaha yang tak pernah jatuh katanya, sehingga dia mengharapkan bila anda sedang berumur 35 th jangan menunggu 40 th, bila anda berumur 30 tahun jangan menunda hingga 35, bila anda berumur 25 tahun jangan menunda umur 30 untuk memulai usaha. Karena untuk memulai usaha tidak ada syarat umur sehingga semakin dini semakin baik. Selain itu nilai fokus menjadi kunci dalam membangun sebuah usaha yang dalam terminologi Dahlan Iskan “menjadi pengusaha harus menjunjungtinggi nilai tauhid” dalam makna sempit yakni fokus dalam bidang yang ia geluti, kalupun nanti bidang yang ia geluti telah mencapai titik gemilang barulah ia beranjak pada bidang lain yang kata beliau sebgai tingakatan “ma’rifat”. Selain itu faktor kerja keras juga menjadi kunci dalam menjadi pengusaha sukses, sehingga tidak ada pengusaha sukses yang tidak bekerja keras katanya. Setelah itu dilakukan dialog bersama para santri tentang dunia bisnis.setelah selesai mengisis acara Menteri BUMN Dahlan Iskan menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Kyai Nur Iman bersama istri beliau diiringi juga oleh para pengusaha lain yang ikut serta. setelah melakukan ziarah, Dahlan Iskan berpamitan kepada seluruh santri dan undangan yang ada.
Setelah acara tersebut Himpunan Pengusaha santri Indonesia (HIPSI) DIY akan terus giat dalam mengkampanyekan pentingnya menjadi pengusaha terutama bagi para kalangan santri yang aada di seluruh DIY. Sehingga bila anad pengusaha ataupun belum menjadi pengusaha silahkan bergabung dengan HIPSI DIY untuk bersama-sama maju menjadi pengusaha sehingga nanti mampu memberikan kontribusi positif bagi umat santri pada khususnya dan juga bangsa.

tags: , ,